Asal dan Makna Kata 'Mantan' Sebagai Pengganti Kata 'Bekas'

Asal dan Makna Kata 'Mantan' Sebagai Pengganti Kata 'Bekas'
Sumber: Instagram.com/kemdikbud.ri

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Asal dan makna kata 'mantan' seperti apa?

Baru-baru ini Kemdikbud RI membagikan pengetahuan tentang asal dan makna kata 'mantan'.

Asal dan makna kata 'mantan' disampaikan melalui unggahan di akun Instagram resmi @kemdikbud.ri pada Selasa (12/7).

Dijelaskan bahwa kata tersebut merupakan pengganti untuk kata 'bekas' yang dianggap memiliki konotasi lebih rendah. Kata ini berfungsi sebagai inti frasa.

"SahabatDikbud, kata "mantan" dapat menggantikan kata "bekas (eks)" yang dianggap kurang pantas dan bernilai rasa rendah. Kata "mantan" dapat menggantikan kata "bekas" yang berfungsi sebagai inti frasa", tulis akun @kemdikbud.ri

Lebih lanjut dijelaskan mengenai tata cara penggunaan kata tersebut.

"Sesuai dengan kaidah diterangkan-menerangkan (DM), kata mantan diletakkan pada awal frasa, seperti mantan menteri, mantan presiden, dll", lanjutnya.

Melansir unggahan tersebut, Ahmad Bastari Suan (majalah Pembinaan Bahasa Indonesia, 1984) dari Universitas Sriwijaya mengusulkan kata 'mantan' sebagai pengganti kata bekas (eks)  yang dianggap kurang pantas dan bernilai rasa rendah. 

Kata 'mantan' dalam bahasa Basemah, Komening,  dan Rejang bermakna 'tidak berfungsi lagi'. 

Sementara itu, kata mantan dalam bahasa Jawa Kuno memiliki arti dan bentuk yang bertalian dengan kata 'mari' dan 'mantun' yang bermakna 'berhenti'. 

Kata mantan menggantikan kata bekas yang berfungsi sebagai inti frasa. Sesuai dengan kaidah diterangkan-menerangkan (DM) , kata mantan diletakkan pada awal frasa, seperti mantan menteri, mantan presiden,  dan mantan guru SD. 

Penggantian kata mantan untuk kata bekas bertujuan untuk menghilangkan konotasi yang buruk dan menghormati orang yang diacu. 

Oleh karena itu, pemakaiannya berkaitan dengan orang yang dihormati,  pernah memangku jabatan,  atau pernah mempunyai profesi yang diluhurkan. 

Kata bekas tetap dipakai,  misalnya untuk menyebut, bekas kuda balap,  bekas mobil presiden,  pakaian bekas,  dan barang bekas.

Demikian tadi asal dan makna kata 'mantan' seperti dijelaskan di atas.




Posting Komentar untuk "Asal dan Makna Kata 'Mantan' Sebagai Pengganti Kata 'Bekas'"