Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI kelas 1, 2 atau program paket A Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Tahun pelajaran baru 2022/2023 dengan kurikulum merdeka dengan kemunculan istilah capaian pembelajaran.

Capaian pembelajaran pada tiap mata pelajaran di setiap jenjang dari dasar hingga menengah penting untuk dipahami, dipelajari dan dipraktekkan termasuk Bahasa Indonesia.

Lantas seperti apa capaian pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI kelas 1, 2 serta Program Paket A?.

Melansir Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD/MI/Program Paket A)

• Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar, sesuai dengan tujuan, kepada teman sebaya dan orang dewasa di sekitar tentang diri dan lingkungannya.

• Peserta didik menunjukkan minat serta mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi sederhana dalam interaksi antar pribadi serta di depan banyak pendengar secara santun.

• Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam.

• Peserta didik juga mulai mampu mengungkapkan gagasannya secara lisan dan tulisan dengan sikap yang baik menggunakan kata-kata yang dikenalinya sehari-hari.

Terdapat 4 elemen dengan masing-masing capaian pembelajaran sebagai berikut:

1. Menyimak

• Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.

• Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Membaca dan Memirsa

• Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.

• Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.

• Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

• Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

3. Berbicara dan Mempresentasikan

• Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

• Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dansantun dalam suatu percakapan.

• Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.

• Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

4. Menulis

• Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. 

• Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

• Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Demikian tadi capaian pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI kelas 1, 2 atau program paket A Kurikulum Merdeka di tahun pelajaran 2022/2023.

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI kelas 1, 2 atau program paket A Kurikulum Merdeka"