Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 3, 4 dan Program Paket A Kurikulum Merdeka

 

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 3, 4
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Berikut capaian pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI kelas 3, 4 dan Program Paket A.

Capaian pembelajaran SD/MI kelas 3, 4 dan Program Paket A ini perlu diketahui untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Capaian pembelajaran kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A  yang termasuk ke dalam kelompok Fase B berdasarkan yang disampaikan dibawah ini dilansir dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

• Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar, sesuai dengan tujuan, kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang hal-hal menarik di lingkungan sekitarnya. 

• Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami dan menyampaikan gagasan dari teks informatif, serta mampu mengungkapkan gagasan dalam kerja kelompok dan diskusi, serta memaparkan pendapatnya secara lisan dan tertulis. 

• Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan 

berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam. 

• Peserta didik mampu membaca dengan fasih dan lancar. 

Capaian Pembelajaran Fase B berdasarkan Elemen 

1. Menyimak 

• Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teksaural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. 

• Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 

2. Membaca dan Memirsa 

• Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. 

• Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. 

• Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. 

• Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. 

• Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. 

3. Berbicara dan Mempresentasikan 

• Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 

• Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. 

• Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. 

• Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam. 

4. Menulis 

• Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. 

• Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. 

Demikian tadi capaian pembelajaran SD/MI kelas 3, 4 dan paket A yang termasuk ke dalam kelompok Fase B Kurikulum Merdeka.


Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 3, 4 dan Program Paket A Kurikulum Merdeka"