Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 atau Program Paket B

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Di bawah ini capaian pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D untuk SMP/MTs Kelas 7, 8 dan 9 atau Program Paket B.

Capaian pembelajaran Bahasa Indonesia ini perlu diketahui agar alur tujuan pembelajaran tersusun dengan baik dan benar.

Seperti apa capaian pembelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP ini?

Seperti di jelaskan pada Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka Fase D umumnya untuk kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs/Program Paket B.

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis.

Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. 

Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan.

Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. 

Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter. 

Berikut ini capaian pembelajaran berdasarkan masing - masing elemen :

1. Menyimak 

Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. 

Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar. 

2. Membaca dan Memirsa 

Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. 

Peserta didik menginterpretasikan informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. 

Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. 

Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa. 

3. Berbicara dan Mempresentasikan 

Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. 

Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. 

Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. 

Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. 

Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis. 

4. Menulis 

Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. 

Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. 

Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam   memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. 

Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. 

Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif. 

Itulah tadi capaian pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 atau Program Paket B. Baca artikel lainnya di Info Pendidikanmu.


Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 atau Program Paket B "