Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E Kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E
Sumber gambar :ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Di bawah ini capaian pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E untuk kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C.

Capaian pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E atau kelas 10 SMA/MA/paket C ini penting untuk diketahui oleh para pendidik guna tercapainya alur tujuan pembelajaran.

Seperti apa capaian pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas fase E kelas 10 SMA/MA ?

Seperti di jelaskan pada Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka Fase E umumnya untuk kelas 10 SMA/MA/Program Paket C.

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. 

Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. 

Peserta didik mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari berbagai sumber. 

Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat. 

Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis. 

Masing - masing capaian pembelajaran Fase E berdasarkan 4 elemen adalah sebagai berikut :

1. Menyimak 

• Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam 

bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

2. Membaca dan Memirsa 

• Peserta didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks, misalnya deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. 

• Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audio visual secara kreatif. 

• Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data  serta membandingkan isi teks. 

3. Berbicara dan Mempresentasikan 

• Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. 

• Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. 

• Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. 

• Peserta didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal. 

4. Menulis 

• Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. 

• Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif. 

• Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital.

Demikian tadi capaian pembelajaran Bahasa Indonesia fase E kelas 10 SMA/MA atau program paket C.


Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E Kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C"