Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase A Kelas 1, 2 SD/MI/Program Paket A

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase A
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase A untuk jenjang sekolah dasar (SD) seperti apa?

Untuk mengetahui hal tersebut silakan membaca lebih lanjut artikel tentang capaian pembelajaran bahasa Inggris fase A untuk kelas 1, 2 SD/MI/Program Paket A berikut.

Seperti dilansir infopendidikanmu.my.id dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen PendidikanKemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, berikut diulas tentang capaian pembelajaran Bahasa Inggris untuk fase A.

Fase A umumnya untuk Kelas I dan II (SD/MI/Program Paket A). 

Pada akhir Fase A, peserta didik memahami bahwa bahasa Inggris lisan dapat membantu mereka berinteraksi dengan orang lain dalam situasi sosial sehari-hari dan konteks kelas.

Dalam mengembangkan keterampilan menyimak dan berbicara, peserta didik mengikuti/merespon instruksi atau pertanyaan sederhana dalam bahasa Inggris dan mengucapkan dengan baik kosakata sederhana. 

Pada Fase A, peserta didik banyak menggunakan alat bantu visual dan komunikasi non-verbal untuk membantu mereka berkomunikasi. 

Peserta didik memahami bahwa kegiatan membaca merupakan kegiatan individu maupun berkelompok yang bisa dilakukan untuk memberikan kesenangan (reading for pleasure). 

Mereka memahami bahwa gambar yang terdapat dalam buku yang dibacakan oleh guru atau gambar yang peserta didik amati memiliki arti. 

Mereka merespon secara lisan, visual, dan/atau komunikasi non-verbal terhadap teks sederhana yang dibacakan atau gambar yang dilihatnya. 

Elemen Menyimak – Berbicara 

Pada akhir Fase A, peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti berkenalan, memberikan informasi diri, mengucapkan salam dan selamat tinggal. 

Mereka merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. 

Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosakata sederhana. 

Mereka menggunakan alat bantu visual untuk membantu mereka berkomunikasi. 

By the end of Phase A, students use basic English to interact in social and classroom situations such as introducing themselves, sharing personal information, greeting and bidding farewell. 

They respond to simple instructions (with support from visual cues) with action-related language or answer to short, simple questions with simple words, phrases or sentences. 

They identify key points of information in visually supported oral presentations containing familiar vocabulary. 

They use visual texts to help them communicate. 

Elemen Membaca – Memirsa 

Pada akhir Fase A, peserta didik merespon secara lisan terhadap teks pendek sederhana dan familiar, berbentuk teks tulis yang dibacakan oleh guru. 

Peserta didik menunjukkan pemahaman teks yang dibacakan atau gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal. 

By the end of Phase A, students respond orally to short, simple, familiar texts in the form of print texts read by teachers. 

They show understanding of texts being read to or pictures/illustration being shown, using nonverbal communication. 

Elemen Menulis – Mempresentasikan 

Belum menjadi fokus pembelajaran pada fase ini, karena peserta didik belum diminta untuk mengungkapkan gagasan secara tertulis (composing/producing). 

Demikian tadi capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase A untuk kelas 1 dan 2 SD/MI/Program Paket A.

Posting Komentar untuk " Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase A Kelas 1, 2 SD/MI/Program Paket A"