Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase F Kelas 11 dan 12
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Inilah capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase F kelas 11  dan 12 SMA/MA atau Program Paket  C.

Capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase E kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C ini perlu diketahui untuk menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Lalu, seperti apakah capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase F untuk kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C?

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, berikut ini penjelasan mengenai capaian pembelajaran bahasa Inggris Fase F untuk kelas 11 dan 12 SMA.

Fase F, umumnya untuk Kelas XI dan XII (SMA/MA/Program Paket C) 

Pada akhir Fase F, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan pemirsa/pembacanya. 

Berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, eksposisi, prosedur, argumentasi, diskusi, dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. 

Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. 

Peserta didik menggunakan keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam berbagai macam topik kontekstual. 

Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi dan untuk kesenangan. 

Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin mendalam. 

Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi, dan kemampuan evaluasi berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris sudah berkembang. 

Mereka memproduksi teks lisan dan tulisan serta visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. 

Peserta didik memproduksi beragam teks tulisan dan visual, fiksi maupun non-fiksi dengan kesadaran terhadap tujuan dan target pembaca/pemirsa. 

1. Elemen Menyimak – Berbicara 

Pada akhir Fase F, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. 

Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan terbuka dan menggunakan strategi untuk memulai, mempertahankan dan menyimpulkan percakapan dan diskusi. 

Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik. 

Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu sosial dan untuk membahas minat, perilaku dan nilai - nilai lintas konteks budaya yang dekat dengan kehidupan pemuda. 

Mereka memberikan dan mempertahankan pendapatnya, membuat perbandingan dan mengevaluasi perspektifnya. 

Mereka menggunakan strategi koreksi dan perbaikan diri, dan menggunakan elemen nonverbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian besar konteks. 

By the end of Phase F, students use English to communicate with teachers, peers and others in a range of settings and for a range of purposes. 

They use and respond to open-ended questions and use strategies to initiate, sustain and conclude conversations and discussion. 

They understand and identify the main ideas and relevant details of discussions or presentations on a wide range of topics. 

They use English to express opinions on social issues and to discuss youth-related interests, behaviours and values across cultural contexts. 

They give and justify opinions, make comparisons and evaluate perspectives. 

They employ self-correction and repair strategies, and use non-verbal elements such as gestures, speed and pitch to be understood in most contexts.

2. Elemen Membaca – Memirsa 

Pada akhir Fase F, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, eksposisi, prosedur, argumentasi, dan diskusi secara mandiri. 

Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu dan membaca untuk kesenangan. 

Mereka mencari, membuat sintesis dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. 

Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal atau interaktif. 

Mereka menunjukkan pemahaman terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks. 

Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam teks. 

By the end of Phase F, studentsindependently read and respond to a wide range of texts such as narratives, descriptives, expositions, procedures, argumentatives and discussions. 

They read to learn and read for pleasure. 

They locate, synthesize and evaluate specific details and gist from a range of text genres. These texts may be in the form of print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts. 

They demonstrate an understanding of the main ideas, issues or plot development in a range of texts. 

They identify the author’s purpose and make inference to comprehend implicit information in the text.

3. Elemen Menulis – Mempresentasikan 

Pada akhir Fase F, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan faktual secara mandiri, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. 

Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca, huruf besar, dan tata bahasa. 

Mereka menyampaikan ide kompleks dan menggunakan berbagai kosakata dan tata bahasa yang beragam dalam tulisannya. 

Mereka menuliskan kalimat utama dalam paragraf-paragraf mereka dan menggunakan penunjuk waktu untuk urutan, juga konjungsi, kata penghubung dan kata ganti orang ketiga untuk menghubungkan atau membedakan ide antar dan di dalam paragraf. 

Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital. 

By the end of Phase F, students independently write an extensive range of fictional and factual text types, showing an awareness of purpose and audience. 

They plan, write, review and redraft a range of text types with some evidence of self-correction strategies, including punctuation, capitalization and tenses. 

They express complex ideas and use a wide range of vocabulary and verb tenses in their writing. 

They include topic sentences in their paragraphs and use time markers for sequencing, also conjunctions, connectives and pronoun references for linking or contrasting ideas between and within paragraphs. 

They present information using different modes of presentation to suit different audiences and to achieve different purposes, in print and digital forms

Itulah informasi tentang capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C.

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C"