Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase D Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs atau Program Paket B

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase D Kelas 7, 8 dan 9
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Berikut capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase D kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs atau Program Paket  B.

Pemahaman mengenai capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase D kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs atau Program Paket B ini penting untuk dipahami agar Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) berjalan sesuai dengan tujuan.

Perihal capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase D kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs atau Program Paket B telah disampaikan dalam Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka seperti dilansir Info Pendidikanmu di bawah ini.

Fase D, Umumnya untuk Kelas VII, VIII, dan IX (SMP/MTs/Program Paket B) 

Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal. 

Peserta didik dapat menggunakan berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. 

Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. 

Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris. 

1. Elemen Menyimak – Berbicara 

Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. 

Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. 

Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. 

Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana. 

By the end of Phase D, students use English to interact and exchange ideas, experiences, interests, opinions and views with teachers, peers and others in an increasing variety of familiar formal and informal contexts. 

With some repetition and rewording, they comprehend the main ideas and relevant details of discussions or presentations on a variety of general interest topics. 

They engage in discussion such as giving opinions, making comparisons and stating preferences. 

They explain and clarify their answers using basic sentence structure and verb tenses.

2. Elemen Membaca – Memirsa 

Pada akhir fase D, peserta didik membaca dan merespon teks familiar dan tidak familiar yang mengandung struktur yang telah dipelajari dan kosakata yang familiar secara mandiri. 

Mereka mencari dan mengevaluasi ide utama dan informasi spesifik dalam berbagai jenis teks. 

Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif. 

Mereka mengidentifikasi tujuan teks dan mulai melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam sebuah teks. 

By the end of Phase D, students independently read and respond to familiar and unfamiliar texts containing predictable structures and familiar vocabulary. 

They locate and evaluate main ideas and specific information in texts of different genres. 

These texts may be in the form of print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts. 

They identify the purpose of texts and begin to make inference to comprehend implicit information in the text.

3. Elemen Menulis – Mempresentasikan 

Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, 

menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana. 

Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. 

By the end of Phase D, students communicate their ideas and experience through simple, organized paragraphs, demonstrating a developing use of specific vocabulary and simple sentence structures. 

Using models, they plan, create and present informative, imaginative and persuasive texts in simple and compound sentences to structure arguments and to explain or justify a position. 

They include basic information and detail, and also vary their sentence construction in their writing. 

Students express ideas in the present, future, and past tenses. 

They use time markers, adverbs of frequency and common conjunctions to link ideas. Their attempts to spell new words are based on known English letter-sound relationships and they use punctuation and capitalization with consistency.

Demikian tadi informasi tentang capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase D Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs atau Program Paket B. Baca artikel lainnya di Info Pendidikanmu.

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase D Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs atau Program Paket B"