Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase C Kelas 5 dan 6 SD/MI/Program Paket A

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase C Kelas 5 dan 6
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Seperti apa capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase C untuk jenjang sekolah dasar?

Dengan adanya implementasi Kurikulum Merdeka, perlu diketahui capaian pembelajaran bahasa Inggris fase C ini penting untuk diketahui guna tercapainya target kompetensi bagi siswa/siswi di jenjang tersebut.

Merujuk Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada kurikulum ini, fase C umumnya untuk Kelas V dan VI (SD/MI/Program Paket A).

Pada akhir Fase C, peserta didik memahami dan merespon teks lisan, tulisan, dan visual sederhana dalam bahasa Inggris. 

Mereka menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam situasi yang familiar/lazim/rutin. 

Peserta didik memahami hubungan bunyi huruf pada kosakata sederhana dalam bahasa Inggris dan menggunakan pemahaman tersebut untuk memahami dan memproduksi teks tulisan dan visual sederhana dalam bahasa Inggris dengan bantuan contoh. 

1. Elemen Menyimak – Berbicara 

Pada akhir Fase C, peserta didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi pada lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas, namun masih dapat diprediksi atau bersifat rutin. 

Mereka mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam aktivitas belajar, seperti membuat pertanyaan sederhana, meminta klarifikasi dan meminta izin. 

Mereka menggunakan beberapa strategi untuk mengidentifikasi informasi penting/inti dalam berbagai konteks, seperti meminta pembicara untuk mengulangi atau berbicara dengan lebih pelan, atau bertanya arti sebuah kata. 

Mereka mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar. 

By the end of Phase C, students use English to interact in a range of predictable social and classroom situations using certain patterns of sentences. 

They change/substitute some elements of sentences to participate in learning activities such as asking simple questions, requesting clarification and seeking permission. 

They use some strategies to identify key information in most contexts such as asking a speaker to repeat or to speak slowly, or asking what a word means. 

They follow a series of simple instructions related to classroom procedures and learning activities. 

2. Elemen Membaca – Memirsa 

Pada akhir Fase C, peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan memahami kata-kata baru dengan bantuan gambar/ilustrasi serta kalimat dalam konteks yang dipahami peserta didik. 

Mereka membaca dan memberikan respon terhadap beragam teks pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif. 

Mereka menemukan informasi pada sebuah kalimat dan menjelaskan topik sebuah teks yang dibaca atau diamatinya. 

By the end of Phase C, students understand familiar and new vocabulary with support from visual cues or context clues. 

They read and respond to a wide range of short, simple, familiar texts in the form of print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts. 

They find basic information in a sentence and explain a topic in a text read or viewed. 

3. Elemen Menulis – Mempresentasikan 

Pada akhir Fase C, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui salinan tulisan dan tulisan sederhana mereka sendiri, serta menunjukkan perkembangan pemahaman terhadap proses menulis. 

Mereka menunjukkan kesadaran awal bahwa teks dalam bahasa Inggris ditulis dengan kaidah (konvensi) yang disesuaikan dengan konteks dan tujuannya. 

Dengan bantuan guru, mereka menghasilkan teks deskripsi, cerita, dan prosedur sederhana menggunakan kalimat dengan pola tertentu dan contoh pada tingkatan kata dan kalimat sederhana. 

Mereka menunjukkan kesadaran atas pentingnya tanda baca dasar dan penggunaan huruf kapital. 

Mereka menunjukkan pemahaman terhadap beberapa hubungan bunyi-huruf dalam bahasa Inggris dan ejaan dari kata-kata yang umum digunakan. 

Dalam menulis, mereka menggunakan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah, dan mereka juga menggunakan beberapa strategi dasar seperti menyalin kata atau frasa dari buku atau daftar kata, menggunakan gambar, dan bertanya bagaimana cara menuliskan sebuah kata. 

By the end of Phase C, students communicate their ideas and experience through copied writing and their own basic writing, showing evidence of a developing understanding of the writing process. 

They demonstrate an early awareness that written texts in English are presented through conventions, which change according to context and purpose. 

With teachers’ support, they produce simple descriptions, recounts and procedures using certain patterns of sentences and modelled examples at word and simple sentence level. 

They show awareness of the need for basic punctuation and capitalization. 

They demonstrate knowledge of some English letter-sound relationships and the spelling of high-frequency words. 

In their writing, they use vocabulary related to their class and home environments, and use basic strategies, such as copying words or phrases from books or word lists, using images and asking how to write a word. 

Itulah capaian pembelajaran Bahasa Inggris untuk kelas 5 dan 6 (SD/MI/Paket A).

Posting Komentar untuk " Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase C Kelas 5 dan 6 SD/MI/Program Paket A"