Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase E Kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase E Kelas 10 dan 11
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Inilah capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase E kelas 10 SMA/MA atau Program Paket  C.

Capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase E kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C ini perlu diketahui untuk mendesain Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Lalu, seperti apakah capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase E untuk kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C?

Berikut Info Pendidikanmu sajikan mengenai hal tersebut seperti dilansir dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Fase E, Umumnya untuk Kelas X (SMA/MA/Program Paket C) 

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan pemirsa/pembacanya. 

Berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, report, dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa 

Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan dan berdiskusi mengenai topik yang dekat dengan keseharian mereka atau isu yang hangat sesuai usia peserta didik di fase ini. 

Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi. 

Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi, dalam bahasa Inggris mulai berkembang. 

Peserta didik memproduksi teks tulisan dan visual yang lebih beragam, dengan kesadaran terhadap tujuan dan target pembaca. 

1. Elemen Menyimak – Berbicara 

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. 

Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. 

Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. 

Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. 

Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. 

Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks. 

By the end of Phase E, students use English to communicate with teachers, peers and others in a range of settings and for a range of purposes. 

They use and respond to questions and use strategies to initiate and sustain conversations and discussion. 

They understand and identify the main ideas and relevant details of discussions or presentations on youth-related topics. 

They use English to express opinions on youth-related issues and to discuss youth-related interests. 

They give and make comparisons. They use non-verbal elements such as gestures, speed and pitch to be understood in some contexts.

2. Elemen Membaca – Memirsa 

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. 

Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. 

Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal atau interaktif. 

Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. 

Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks. 

By the end of Phase E, students read and respond to a variety of texts, such as narratives, descriptions, procedures, expositions, recount and report. 

They read to learn or to find information. They locate and evaluate specific details and main ideas of a variety of texts. 

These texts may be in the form print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts. 

They are developing understanding of main ideas, issues or plot development in a variety of texts. 

They identify the author’s purposes and are developing simple inferential skills to help them understand implied information from the texts.

3. Elemen Menulis – Mempresentasikan 

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. 

Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. 

Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. 

Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital. 

By the end of phase E, students write a variety of fiction and non-fiction texts, through guided activities, showing an awareness of purpose and audience. 

They plan, write, review and redraft a range of text types with some evidence of self-correction strategies, including punctuation and capitalization. 

They express ideas and use common/daily vocabulary and verbs in their writing. 

They present information using different modes of presentation to suit different audiences and to achieve different purposes, in print and digital forms.

Itulah informasi tentang capaian pembelajaran Bahasa Inggris Fase E Kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C. Baca artikel lainnya di Info Pendidikanmu.

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase E Kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C"