Capaian Pembelajaran Matematika Fase B Kelas 3 dan 4 SD/MI atau Program Paket A

Capaian Pembelajaran Matematika Fase B Kelas 3 dan 4
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Capaian pembelajaran Matematika Fase B untuk kelas 3 dan 4 SD/MI atau Program Paket A seperti apa?

Simak penjelasan mengenai capaian pembelajaran Matematika Fase B atau kelas 3 dan 4 SD/MI/Paket A ini.

Penjelasan ini berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka capaian pembelajaran Matematika Fase B atau kelas 3 dan 4 SD/MI/Paket A.

Pada akhir fase B, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. 

Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000, dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah, dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika, dan dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 100. 

Mereka dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor, masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. 

Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan, serta dapat mengenali pecahan senilai. Mereka dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal, dan dapat menghubungkan pecahan desimal dan per seratusan dengan persen. 

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku, dan dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang. 

Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah. 

Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar dan dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan satu cara atau lebih jika memungkinkan. 

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).  

1. Bilangan 

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. 

Mereka dapat membaca,menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 

Merekajuga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.

Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. 

Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. 

Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. 

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. 

Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. 

Mereka dapat menyatakan pecahan desimal per sepuluhan dan per seratusan, serta menghubungkan pecahan desimal per seratusan dengan konsep persen. 

2. Aljabar 

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada 

bilangan cacah sampai 100 (contoh: 10 + … = 19, 19 - … = 10 ) 

Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. 

3. Pengukuran 

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. 

Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). 

Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah. 

Geometri Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segi banyak). 

Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan. 

4. Analisa Data dan Peluang 

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

Itulah capaian pembelajaran Matematika Fase B Kelas 3 dan 4 SD/MI atau Program Paket A. Baca artikel lainnya di Info Pendidikanmu.

Posting Komentar untuk " Capaian Pembelajaran Matematika Fase B Kelas 3 dan 4 SD/MI atau Program Paket A"