Capaian Pembelajaran Matematika Fase E Kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C

Capaian Pembelajaran Matematika Fase E Kelas 10
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Berikut capaian pembelajaran Matematika Fase E untuk kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C.

Capaian pembelajaran Matematika Fase E umumnya untuk kelas 10 SMA/MA atau Paket C.

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran Matematika Fase E atau kelas 10 SMA/MA atau Paket C seperti dijelaskan di bawah ini.

Pada akhir fase E, peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat (eksponen), serta menggunakan barisan dan deret (aritmetika dan geometri) dalam bunga tunggal dan bunga majemuk. 

Mereka dapat menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel, sistem pertidaksamaan linear dua variabel, persamaan dan fungsi kuadrat dan persamaan dan fungsi eksponensial dalam menyelesaikan masalah. 

Mereka dapat menentukan perbandingan trigonometri dan memecahkan masalah yang melibatkan segitiga siku-siku. 

Mereka juga dapat menginterpretasi dan membandingkan himpunan data berdasarkan distribusi data, menggunakan diagram pencar untuk menyelidiki hubungan data numerik, dan mengevaluasi laporan berbasis statistika. 

Mereka dapat menjelaskan peluang dan menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk, dan konsep dari kejadian saling bebas dan saling lepas.

1. Bilangan 

Di akhir fase E, peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). 

Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri, termasuk masalah yang terkait bunga tunggal dan bunga majemuk. 

2. Aljabar and Fungsi 

Di akhir fase E, peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. 

Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), dan persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial. 

3. Geometri 

Di akhir fase E, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan segitiga siku-siku yang melibatkan perbandingan trigonometri dan aplikasinya. 

4. Analisis Data dan Peluang 

Di akhir fase E, peserta didik dapat merepresentasikan dan menginterpretasi data dengan cara menentukan jangkauan kuartil dan interkuartil. 

Mereka dapat membuat dan menginterpretasi box plot (box-and whisker plot) dan menggunakannya untuk membandingkan himpunan data. 

Mereka dapat menggunakan dari box plot, histogram dan dot plot sesuai dengan natur data dan kebutuhan. 

Mereka dapat menggunakan diagram pencar untuk menyelidiki dan menjelaskan hubungan antara dua variabel numerik (termasuk salah satunya variabel bebas berupa waktu). 

Mereka dapat mengevaluasi laporan statistika di media berdasarkan tampilan, statistika dan representasi data. 

Peserta didik dapat menjelaskan peluang dan menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk.

Mereka menyelidiki konsep dari kejadian saling bebas dan saling lepas, dan menentukan peluangnya. 

Itulah capaian pembelajaran Matematika Fase E kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C.

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Matematika Fase E Kelas 10 SMA/MA atau Program Paket C"