Capaian Pembelajaran Matematika Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C

Capaian Pembelajaran Matematika Fase F Kelas 11 dan 12
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Inilah capaian pembelajaran Matematika Fase F untuk kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C.

Capaian pembelajaran Matematika Fase E umumnya untuk kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Paket C perlu diketahui untuk menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Melansir Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran Matematika Fase E atau kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Paket C adalah sebagai berikut.

Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) 

Pada akhir fase F, peserta didik dapat memodelkan pinjaman dan investasi dengan bunga majemuk dan anuitas. 

Mereka dapat menyatakan data dalam bentuk matriks, dan menentukan fungsi invers, komposisi fungsi dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata. 

Mereka dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah. 

Mereka juga dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk data bivariat dan mengevaluasi berbagai laporan berbasis statistik. 

1. Bilangan 

Di akhir fase F, peserta didik dapat memodelkan pinjaman dan investasi dengan bunga majemuk dan anuitas, serta menyelidiki (secara numerik atau grafis) pengaruh masing-masing parameter (suku bunga, periode pembayaran) dalam model tersebut. 

2. Aljabar dan Fungsi 

Di akhir fase F, peserta didik dapat menyatakan data dalam bentuk matriks. 

Mereka dapat menentukan fungsi invers, komposisi fungsi, dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata menggunakan fungsi yang sesuai (linear, kuadrat, eksponensial). 

3. Geometri 

Di akhir fase F, peserta didik dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada permukaan bumi dan jarak antara dua tempat di bumi). 

4. Analisis Data dan Peluang 

Di akhir fase F, peserta didik dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk data bivariat. 

Mereka dapat mengidentifikasi dan menjelaskan asosiasi antara dua variabel kategorikal dan antara dua variabel numerikal. 

Mereka dapat memperkirakan model linear terbaik (best fit) pada data numerikal. 

Mereka dapat membedakan hubungan asosiasi dan sebab-akibat. 

Peserta didik memahami konsep peluang bersyarat dan kejadian yang saling bebas menggunakan konsep permutasi dan kombinasi. 

Itulah capaian pembelajaran Matematika Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C. Baca artikel lain di Info Pendidikanmu.

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Matematika Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA atau Program Paket C"