Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI atau Program Paket A

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase A Kelas 1 dan 2
Sumber gambar : ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Berikut ini capaian pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase A untuk kelas 1 dan 2 SD/MI atau Program Paket A.

Capaian pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase A atau kelas 1 dan 2 SD/MI/Paket A ini perlu diketahui demi tercapainya tujuan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Melansir Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka Capaian pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase A atau kelas 1 dan 2 SD/MI/Paket A seperti dijelaskan di bawah ini.

Pada fase ini, peserta didik mampu: 

Mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila; mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila; menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah; mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah; menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah; menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. 

Menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya; menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah; 

menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh: miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah. 

Mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah; mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI; dan menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah. 

Capaian berdasarkan masing-masing elemen adalah sebagai berikut :

1. Pancasila 

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilainilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 

Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. 

3. Bhinneka Tunggal Ika 

Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. 

Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. 

Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah. 

4. Negara Kesatuan Republik Indonesia 

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. 

Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.

Demikian tadi penjelasan mengenai capaian pembelajaran Pendidikan Pancasila fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI atau Program Paket A.

Posting Komentar untuk " Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI atau Program Paket A"