Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis? Daftar KIP Kuliah Merdeka dan Dapatkan Manfaatnya

Sumber gambar: freepik/rawpixel.com

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Ini informasi cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis dengan daftar KIP Kuliah Merdeka.

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis ini dapat dimanfaatkan bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi dengan daftar KIP Kuliah Merdeka menggunakannya untuk menempuh pendidikan.

Lulusan SMA/SMK dapat daftar KIP Kuliah Merdeka sebagai cara agar bisa kuliah gratis dengan dana yang didapat untuk pembiayaan.

Dilansir dari laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Ristek RI (19/7) bahwa pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah telah dibuka pada tanggal 02 Februari lalu dan 31 Oktober tahun ini.

Sementara itu, untuk jalur seleksi mandiri baik untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta yaitu sebagai berikut.

Untuk seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah dibuka sejak 01 Juni dan ditutup 7 Oktober.

Sedangkan seleksi mandiri untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) 08 Juni sampai dengan 31 Oktober.

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2022 yaitu:

• Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;

• Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;

• Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau  memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos;

• Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Adapun tata cara daftar KIP Kuliah Merdeka adalah sebagai berikut:

1. Mendaftar secara pribadi melalui website kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau dapat melakukan akses via aplikasi KIP Kuliah 

2. Melakukan input NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif

3. Apabila validasi sukses maka Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email terdaftar 

4. Menuntaskan rangkaian tahapan pendaftaran serta memilih jalur seleksi (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);

5. Menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih

6. Sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host

7. Untuk calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran yang pertama adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK).

NIK diperlukan guna mendapatkan keterangan terkait kondisi sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. 

Bagi yang belum atau tidak terdaftar di DTKS wajib melengkapi data ekonomi dan aset.

Selanjutnya adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan email.

Jika mendapati kendala dalam hal belum mendapatkan email akun maka pendaftar dapat mengirim ulang email melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/resend-email.

Kemudian, apabila salah dalam memasukkan email maka dapat melakukan klaim melalui tautan https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/claim-account.

Demikian tadi informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah dengan KIP Kuliah Merdeka. Baca artikel lainnya di infopendidikanmu.my.id.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis? Daftar KIP Kuliah Merdeka dan Dapatkan Manfaatnya"