Capaian Pembelajaran Kimia Fase E Kelas 10 SMA/MA/Program Paket C

 

Capaian Pembelajaran Kimia Fase E Kelas 10 SMA/MA/Program Paket C
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Berikut ini capaian pembelajaran mata pelajaran Kimia Fase E yang umumnya untuk jenjang SMA/MA/Program Paket C.

Capaian pembelajaran Kimia Fase E SMA/MA/Program Paket C diperlukan untuk menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) dan selanjutnya menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dengan baik dan benar.

Seperti dijelaskan dalam Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, berikut ini capaian pembelajaran Kimia Fase E SMA/MA/Program Paket C.

Pada akhir fase E, peserta didik memliki kemampuan untuk merespon isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. 

Kemampuan tersebut antara lain mengidentifikasi, mengajukan gagasan, merancang solusi, mengambil keputusan, dan mengkomunikasikan dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, nanoteknologi, bioteknologi, kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. 

Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs)

Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula akhlak mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. 

A. Pemahaman Kimia 

Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global; menuliskan reaksi kimia dan menerapkan hukum-hukum dasar kimia; memahami struktur atom dan aplikasinya dalam nanoteknologi. 

B. Keterampilan proses 

1. Mengamati 

Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan pengukuran dan pengamatan. 

Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang diamati. 

2. Mempertanyakan dan memprediksi 

Mengidentifikasi pertanyaan dan permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah. 

Peserta didik menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru untuk membuat prediksi. 

3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan 

Peserta didik merencanakan penyilidikan ilmiah dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. 

Peserta didik melakukan pengukuran atau membandingkan variabel terikat dengan menggunakan alat yang sesuai serta memperhatikan kaidah ilmiah. 

4. Memproses, menganalisis data dan informasi 

Menafsirkan informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. 

Menganalisis menggunakan alat dan metode yang tepat, menilai relevansi informasi yang ditemukan dengan mencantumkan referensi rujukan, serta menyimpulkan hasil penyelidikan. 

5. Mengevaluasi dan refleksi 

Peserta didik berani dan santun dalam mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada, menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data dan menunjukkan permasalahan pada metodologi. 

6. Mengomunikasikan hasil 

Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. 

Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan. 

Itulah capaian pembelajaran Kimia Fase E yang umumnya untuk kelas 10 SMA/MA/Program Paket C.



Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Kimia Fase E Kelas 10 SMA/MA/Program Paket C "