Capaian Pembelajaran Kimia Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA/Program Paket C

 

Capaian Pembelajaran Kimia Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA/Program Paket C
Sumber gambar : Instagram.com/ditjen.gtk.kemdikbud

INFOPENDIDIKANMU.MY.ID - Inilah capaian pembelajaran mata pelajaran Kimia Fase F yang umumnya untuk jenjang SMA/MA/Program Paket C.

Capaian pembelajaran Kimia Fase F SMA/MA/Program Paket C diperlukan untuk menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) dan selanjutnya menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dengan baik dan benar.

Menurut Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,  dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, berikut ini capaian pembelajaran Kimia Fase F SMA/MA/Program Paket C.

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan operasi matematika dalam perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa; memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian; memahami kimia organik; memahami konsep kimia pada makhluk hidup. 

Peserta didik mampu menjelaskan penerapan berbagai konsep kimia dalam keseharian dan menunjukkan bahwa perkembangan ilmu kimia menghasilkan berbagai inovasi. 

Peserta didik memliki pengetahuan Kimia yang lebih mendalam sehingga menumbuhkan minat sekaligus membantu peserta didik untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya agar dapat mencapai masa depan yang baik. 

Peserta didik diharapkan semakin memiliki pikiran kritis dan pikiran terbuka melalui kerja ilmiah dan sekaligus memantapkan profil pelajar pancasila khususnya jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. 

A. Pemahaman Kimia 

Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sehari-hari sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam keseharian; menerapkan operasi matematika dalam perhitungan kimia; mempelajari sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa termasuk pengolahan dan penerapannya dalam keseharian; 

memahami dan menjelaskan aspek energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia; menggunakan konsep asam-basa dalam keseharian; menggunakan transformasi energi kimia dalam keseharian termasuk termokimia dan elektrokimia; memahami kimia organik termasuk penerapannya dalam keseharian. 

B. Keterampilan proses 

1. Mengamat

Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan pengukuran dan pengamatan. 

Memperhatikan detail yang relevan dari obyek yang diamati. 

2. Mempertanyakan dan memprediksi 

Merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah. 

3. Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya, mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut. 

Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara sistematis dan akurat. 

4. Memproses, menganalisis data dan informasi 

Menafsirkan informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. 

Menggunakan berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data. 

Mendeskripsikan hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi yang terjadi. 

Menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan hasil penyelidikan. 

5. Mengevaluasi dan refleksi 

Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. 

Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data. 

Menunjukkan permasalahan pada metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan selanjutnya. 

6. Mengomunikasikan hasil 

Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. 

Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan. 

Demikian tadi capaian pembelajaran Kimia Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA/Program Paket C yang penting untuk dipelajari sebagai dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Kimia Fase F Kelas 11 dan 12 SMA/MA/Program Paket C "